Sekolah Indonesia di Meksiko, Menko Puan: Bukti Nyata Persahabatan Kedua Negara

0
264
Puan Maharani bersama siswa-siswi Sekolah Dasar La Escuela Republica de Indonesia, Mexico City. (Foto: Humas PMK).

Mexico City (26/9) – Pembukaan Sekolah Meksiko bernama Indonesia dan Sekolah Indonesia bernama Meksiko merupakan salah satu bukti kerja sama Indonesia dan Meksiko yang semakin terbuka dan meningkat dalam berbagai bidang, termasuk kerja sama sosial budaya. Mengulas sejarah pada tahun 1959, Presiden Soekarno juga pernah meresmikan Sekolah Dasar La Escuela Republica de Indonesia di Tacuba, Mexico City.

Mengawali rangkaian kunjungan kerja di Meksiko, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani mengunjungi Sekolah Indonesia Meksiko (La Escuela Republica de Indonesia) di Tacuba, Mexico City. Dengan berdirinya Escuela de la Republica de Indonesia di Itzapalapa dan Colegio Indonesia di Coacalco, Mexico City, serta adanya Sekolah Dasar Republik Meksiko yang berada di Kebayoran Baru, Jakarta, menurutnya dapat menjadi bukti nyata tanda persahabatan kedua negara.

Pada kunjungan ke Sekolah Dasar La Escuela Republica de Indonesia, Menko Puan sempat menghadiahkan buku Cerita Rakyat dan buku tentang Indonesia sebanyak 120 buku untuk dibagikan kepada tiga sekolah Indonesia yang ada di Meksiko. Selain itu, Menko PMK yang didampiingi Duta Besar dan jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia juga meresmikan Ruang Audio Visual di Sekolah tersebut. Ruangan ini merupakan sumbangan dari beberapa anggota DPR RI yang pernah berkunjung ke Mexico, beberapa waktu yang lalu.

Menko PMK didampiingi Duta Besar dan jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia juga meresmikan Ruang Audio Visual Sekolah Dasar La Escuela Republica de Indonesia.

“Kami berharap sekolah ini mampu menjadi gudang informasi para siswa yang memiliki rasa ingin tahu tentang Indonesia,” ujar Menko Puan. Menko Puan juga mengusulkan pengiriman guru BIPA (Bahasa Asing bagi Penutur Asing) ke ketiga Sekolah Meksiko bernama Indonesia. “Agar para guru dan siswa bisa berbahasa Indonesia dan kelak semakin tertarik mengenal jauh negeri indah di katulistiwa ini,” tandasnya. 

Menko Puan juga sangat mengapreasiasi Kepala Sekolah, Pengurus Sekolah dan para Guru La Escuela Republica de Indonesia di Tacuba, Escuela de la Republica de Indonesia di Itzapalapa dan Colegio Indonesia di Coacalco yang senantiasa mempertahankan persahabatan kedua negara yang diwujudkan melalui kegiatan Pendidikan dan Kebudayaan.

D. Setiawan