Amalkan Nilai Panca Setya KORPS, Komunitas Juang Jateng Bagikan Daging Kurban Kepada Masyarakat

0
369
Kader Komunitas Juang Kabupaten Pemalang bagikan daging kurban di sekitar Posko dan Kampung Nelayan, Senin (12/8). Foto:Dok.KJPemalang

SEMARANG, DerapJuang – Komunitas Juang (KJ) dari 35 Kabupaten/Kota Se-Jawa Tengah secara serempak, guyup, dan bergotong royong ikut merayakan Hari Raya Idul Adha 2019 dengan aksi nyata menyembelih dan membagikan daging kurban kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing.

Aksi kader Komunitas Juang yang dilakukan di teritorialnya masing-masing tersebut sebagai bentuk pengamalan dari sila ke-5 Panca Setya Komunitas Juang, yakni menebar manfaat untuk rakyat.

Kader Komunitas Juang Kota Pekalongan sedang memotong daging kurban di Kantor DPC, Selasa (13/8). Foto:Dok.KJPekalongan

Komunitas Juang Kota Semarang, Kota Magelang, Brebes, Wonosobo, dan Purworejo misalnya, menggalang iuran gotong royong semua kader untuk membeli hewan kurban. Lima Kabupaten/Kota tersebut masing-masing sukses membeli 1 ekor kambing.

KJ Kota Magelang menyembelih 1 ekor kambing di Kelurahan Magersari, Magelang Selatan, bersama dengan hewan kurban masyarakat kampung Magersari, Minggu (11/8). Dibantu panitia dari kelurahan, KJ Kota Magelang guyup membagikan daging kurban kepada masyarakat sekitar. Sedangkan KJ Kota Semarang, Brebes, Wonosobo, dan Purworejo menyerahkan hewan kurbannya untuk disembelih bersama dengan agenda DPC masing-masing.

“Mengingat kader Komunitas Juang Kota Magelang disaat Idul Adha juga beberapa ada yang memiliki agenda lain, akhirnya hewan kurban disembelih dan dijadikan satu dengan agenda warga kelurahan Magersari,” tutur Indra selaku Asisten Mentor Juang pengampu KJ Kota Magelang saat dihubungi Derap Juang, Selasa (13/8).

Kader Komunitas Juang Kab. Karanganyar membagikan daging kurban kepada masyarakat, Senin(12/8. Foto:Dok.KJKaranganyar

Indra juga menuturkan mengapa hewan kurban tidak diserahkan ke DPC untuk bersama-sama disembelih, alasannya adalah pihak DPC membebaskan KJ Kota Magelang untuk mengelola dan bertanggung jawab membagikan daging kurban kepada masyarakat.

“Ketua DPC memberikan kebebasan kepada kami untuk dikelola sendiri atau disembelih bersama-sama dengan hewan kurban dari DPC,” imbuhnya.

Dengan cara berbeda, KJ Kabupaten Pemalang menggalang iuran gotong royong semua kader justru untuk membiayai operasional penyembelihan hingga distribusi. Sedangkan hewan kurban berupa 3 ekor kambing mereka dapat dari DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pemalang.

“3 ekor kambing pemberian dari Ketua DPC, Pak Junaedi. Kebetulan beliau adalah Ketua DPC baru sekaligus Bupati Pemalang,” tutur Adrian Rana selaku Asisten Mentor Juang pengampu KJ Kabupaten Pemalang saat dihubungi Derap Juang, Selasa (13/8).

Penyembelihan yang dilakukan pada hari Senin, 12 Agustus 2019 tersebut bertempat di rumah Herdi, salah satu kader KJ Kabupaten Pemalang. Sedangkan daging kurban didistribusikan kepada masyarakat sekitar posko KJ dan kampung nelayan.

“Memang sudah pesan dari bapak Ketua DPC, prioritas daging diberikan kepada masyarakat kurang mampu. Akhirnya selain di sekitar posko, kami juga bagikan di kampung nelayan,” imbuh Adrian.

Kader Komunitas Juang Kab. Jepara besama struktural DPC bergotong royong sembelih hewan kurban di Kantor DPC, Senin (12/8). Foto:Dok.KJJepara

Semangat gotong royong juga dirasakan oleh keluarga besar Komunitas Juang di daerah lain seperti Kabupaten Semarang, Klaten, Karanganyar, Jepara, Banyumas, Batang dan Kota Pekalongan. Meski mereka belum bisa membeli hewan kurban sendiri, peran mereka sangat besar atas suksesnya pelaksanaan idul kurban di masing-masing DPC. Kader Komunitas Juang mendapat kepercayaan untuk menjadi panitia pelaksana mulai dari penyembelihan hingga distribusi kepada masyarakat. 

Saiful Munir