Menyapa Kader Menyemai Ideologi

0
65
Silaturahmi politik Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Mas Bambang Patjul di Kabupaten Pemalang. (Foto: Ferry Eko AP.)

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Bambang Wuryanto melakukan roadshow ke seluruh Dewan Pimpinan Cabang (DPC). Selain untuk konsolidasi dan menyerap aspirasi, dolan politik ala
Mas Patjul ini bertujuan untuk penguatan ideologi partai.

Silaturahmi politik Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Mas Bambang Patjul di Kabupaten Magelang. (Foto: Fito Akhmad Erlangga)

Akhir Oktober – November 2017, menjadi hari tersibuk bagi Mas Patjul, panggilan akrab Bambang Wuryanto. Ketua DPD PDI Perjuangan ini berkeliling Jawa Tengah menemui pengurus DPC dan kader PDI Perjuangan di 35 kabupaten dan kota. Dimulai dari wilayah selatan Jateng, Mas Patjul lalu secara maraton menyusuri Pantura Jawa Tengah.

Mengusung tema: “Dikau Bertanya, Ketua DPD Menjawab”, pria yang akrab disapa Ndoro Patjul ini juga didampingi oleh para fungsionaris DPD dan Anggota Dewan dari setiap daerah pemilihan yang disambanginya. Ikut dalam rombongan, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Bambang Kusriyanto mengungkapkan, tujuan silaturahmi Ketua DPD Partai ke bawah adalah untuk mendengar aspirasi. “Pada dasarnya roadshow ini digelar, karena ketua DPD ingin mendengar aspirasi dari panjenengan semuanya. Jadi, Pak Ketua DPD Partai menginginkan acara ini bersifat informal dan kekeluargaan,” kata pria yang akrab disapa Bambang Kribo ini saat membuka dialog dengan kader partai di Kabupaten Temanggung.

Tidak hanya mengundang kader PDI Perjuangan Jawa Tengah, roadshow juga mengundang banyak tokoh masyarakat di setiap kabupaten/kota seperti kepala desa, kyai, tokoh lintas agama, dan tokoh-tokoh daerah setempat lainnya.

Dalam roadshow-nya, Ketua DPD Partai menekankan pentingnya pemahaman idelogi partai bagi kader. Ini selaras dengan manifesto PDI Perjuangan lewat pidato Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri agar partai kembali ke Jalan Ideologi. “Untuk kembali ke Jalan Ideologi, para kader harus paham partai itu apa dan untuk apa berpartai,” ujarnya.

Mas Patjul merasa prihatin dengan kader yang belum paham akan makna dari politik, partai politik, dan politisi. “Karena dari indikasi di Kabupaten Temanggung dan Magelang, mohon maaf, anggota partai belum paham, jan-jane partai itu makhluk jenis apa belum paham. Dia sulit membedakan. Partai politik dengan LSM kuwi beda banget, antara suporter bola seperti bonek dengan partai sama-sama bisa mengumpulkan massa akan tetapi apakah sama, partai dengan bonek? Maka saya sebagai Ketua Partai harus ngomong soal partai dulu nih,” katanya.

Silaturahmi politik Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Mas Bambang Patjul di Kabupaten Pemalang. (Foto: Ferry Eko AP.)

Akan tetapi, sebelum menjelaskan perihal politik, Mas Patjul menjelaskan mengenai politik secara teoritis terlebih dahulu. “Politik berasal dari kata politea bahasa Yunani dari akar kata polis yang artinya adalah memakmurkan masyarakat kota, mensejahterakan masyarakat kota. Jadi, kau kalau jadi politisi, tugasnya adalah mensejahterakan rakyat. Itu tugas mulia!” tandas pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPR RI. “Partai itu berasal dari kata partire, part, artinya bagian, bagian dari sebuah bangsa. The part of the nation. Semua partai merupakan bagian dari bangsa Indonesia,” tambahnya.

Dengan pembawaan yang santai, Ketua DPD Partai ini sesekali menyapa audiens ketika memberikan arahan politiknya di setiap DPC. Sesuai dengan tema acara, dialog berlangsung dengan penuh kekeluargaan. Sesekali guyonan khas Mas Patjul terlontar, tanpa mengurangi substansi dialog.

Dengan membawa misi menjadikan partai yang sehat dan dalam jalur ideologinya, Mas Patjul menekankan perlunya partai politik dalam menjalankan tujuh fungsi partai.

“Partai yang sehat, partai yang benar itu kalau partai memenuhi fungsi-fungsinya. Jadi, fungsi-fungsi partai harus beres, saya sehat kalau organ-organ tubuh saya bekerja dengan baik. Partai politik sehat jikalau dapat menjalankan fungsi kepartaian secara benar. Ikuti kata saya, partai akan benar dan sehat jikalau memenuhi fungsi-fungsi sebagai berikut: fungsi aspirasi, fungsi artikulasi, fungsi agregasi, fungsi edukasi, fungsi rekruitmen, fungsi elektoral, dan fungsi budgeting!” tegas Bambang Patjul diikuti oleh seluruh peserta.

Kader Sangat Antusias

Peserta Silaturahmi Politik “Dikau Bertanya, Ketua DPD Partai menjawab” di Kabupaten Tegal. (Foto: Ferry Eko AP.)

Yang unik dalam setiap roadshow adalah Ketua DPD Partai senantiasa memberikan hadiah bagi kader yang berani dan bisa menjelaskan tujuh fungsi partai secara benar di sela-sela dialog. Para kader dan peserta dialog antusias mengikuti kuis interaktif tersebut. Putriana Safitri (17) salah satu kader DPC Kabupaten Kudus menjadi salah satu kader yang berhasil mendapat hadiah dari orang nomor satu di PDI Perjuangan Jawa Tengah. Ia berhasil menjawab dengan benar dan runtut tujuh fungsi partai yang dijelaskan oleh Ketua DPD Partai di acara yang digelar pada 3 November 2017 di sebuah hotel di Kudus. “Ya saya senang sekali, ini merupakan pengalam baru bagi saya sebagai kader muda,” ungkap siswi SMK 3 Kudus yang ditemui seusai roadshow.

Beny Triasantika, kader PDI Perjuangan Kota Semarang juga mengaku senang dengan dolan politik Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng. “Ini adalah salah satu bentuk turun ke bawah dari Mas Bambang Patjul, demi menangkap aspirasi serta memberikan pendidikan kepada kader-kader partai di tingkat PAC dan DPC,” ungkap pria yang juga menjabat sebagai Ketua PAC Gayamsari, Kota Semarang.

FITO A. ERLANGGA